RAHASIA KEKUATAN MINORITAS

RAHASIA KEKUATAN MINORITAS


Oleh : Bung Ucox

Dikutip dari buku “ Get anyone to do anything ”


Diperuntukkan kepada Bung dan Sarinah GMNI Komisariat FISIP


Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai sebuah tujuan dan sebagai wadah buat kita mengembangkan diri.Di dalam sebuah organisasi tentunya kita punya keinginan ( kepentingan ) yang ingin kita sampaikan.Masing-masing individu memiliki ide, pikiran yang mewakili kepentingannya.Dalam hal “menggolkan” sebuah ide/kepentingan kita harus bisa mengusai pendapat mayoritas, tapi jumlah mereka yang lebih dominan tentunya juga memiliki kepentingan yang kadang bertentangan dengan apa yang kita inginkan, hal ini yang kadang membuat ide/ gagasan kita menjadi tersingkir.

Contohnya di GMNI ,apakah yang anda lakukan ketika anda ingin makan capcay pada saat orang-orang lain ingin makan nasi goreng cap marhaen ? tetapi anda berada di posisi minoritas ? Tidak jadi masalah, anda dapat memperoleh apa yang ingin anda peroleh.Ketika anda dalam posisi minoritas, taktik ini dapat mempengaruhi kelompok mayoritas agar mau mengikuti cara berfikir anda.


Ada enam unsur utama yang menentukan betapa efektifnya teknik ini sehingga anda dapat mempengaruhi mayoritas agar mengikuti cara berfikir anda.


  • KONSISTENSI


Pertama , anda atau kelompok anda harus konsisiten dalam menentang pendapat mayoritas.Penelitian menunjukkan bahwa apabila anda ragu-ragu atau menunjukkan tanda-tanda menyerah ,pengaruh anda akan menurun.Dengan kata lain , pernyataan seperti “ Berdasarkan semua informasi ,kami seratus persen bediri pada posisi kami,” sangat sesuai dengan hukum konsistensi.Coba bandingkan “ Hmm, saya tidak tahu…tidak, sebaiknya memang demikian, merupakan pernyataan yang tidak dianjurkan.


  • KELUWESAN


Penelitian menunjukkan bahwa anggota-angota kelompok minoritas harus menghindari sikap kepala batu dan dogmatis entah itu terhadap informasi baru atau perubahan situasi tidaklah efektif dibandingkan sikap luwes.Sikap ini tidak bertentangan dengan prinsip di atas.Dalam posisi sendiri , anda harus tetap kokoh dan pantang menyerah, tetapi ketika dihadapkan dengan bukti baru atau situasi khusus, anda harus meminta waktu untuk memikirkannya, jangan langsung menyatakan penolakan. Pernyataan yang sesuai dengan aturan ini adalah seperti “ itu merupakan gagsan menarik yang belum pernah kami pikirkan.Sebaiknya kami memikirkan barang sebentar untuk menentukan manfaatnya”.Pernyataan yang salah adalah “ Tidak , tidak…saya tidak peduli.Kami tidak mau mengubah pendirian kami.




  • PISAHKAN DAN TAKLUKAN


Beberapa penelitian membuktikan bahwa ketika kita mempunyai sekutu ( teman yang kepentingannya sama dengan kita), kita cenderung untuk tetap berpegang pada pendirian kita. Artinya, apabila Junes mengetahui Andes juga menolak gagasan Rahmatullah, kenungkinan besar dia juga akan menolaknya.Namun ketika Junes menyadari bahwa dia hanya sendirian dalam memegang kepentingannya, maka dia tidak saja akan mengubah pandangannya, tetapi juga akan menyatakan persetujuannya dengan lebih mudah ketika dia mengetahui bahwa seluruh anggota kelompok menyetujui gagasan itu.Untuk itu jangan biarkan mereka kokoh dengan keyakinannya, jika anda sendiri, maka berbicara dan pengaruhilah mereka seorang demi seorang, jika anda mempunyai teman satu kepentingan sebarlah posisi duduk seolah-olah anda baru kenal dan sesekali anda harus saling menentang agar tidak mudah terdeteksi.Kalau mayoritas masih tetap kokoh ,mintalah agar pertemuan itu dipending selama beberapa menit agar melancarkan taktik Loby di luar forum/rapat.


  • AGAR TETAP DISUKAI


Masalah yang sering muncul adlah ketika anda tidak menyetujui mayoritas, anda sering dipandang kurang bersahabat sehingga anda tidak disukai. Padahal disukai orang merupakan peluang untuk mempengaruhi orang. Maka rahasianya adalah menunjukkan kepada mereka bahwa pandangan anda tersebut demi kepentingan mereka, bukan demi kepentingan anda. contoh : “ saya kira KKM di FISIP dibutuhkan agar kita setiap mahasiswa tak terkecuali kita yang hadir disini dapat mengembangkan diri, dan citra BPM di mata mahasiswa akan terangkat, bagaimana teman-teman ?”.


  • SUDUT PANDANG BARU


Jika anda menghadapi orang yang “kekeuh” dengan pendiriannya, maka kita harus buat dia mengevaluasi kembali pemikiranya itu. Anda perlu memperkenalkan informasi baru dalam pandangannya itu.Dengan cara ini, ia akan membuat keputusan baru berdasarkan informasi tambahan tersebut.Denagan demikian ia akan lebih mudah untuk “ mengubah pemikiranya”. Adapun kata-kata yang dapat digunakan adalah , “ Saya memahami mengapa anda berpandangan seperti itu, tetapi saya baru saja menemukan informasi baru , jika kita menolak mengikuti AD/ART maka kita akan menghancurkan diri kita sendiri, perlu teman-teman ketahui kita adalah badan yang membuat peraturan seperti pada pasal 5 ayat 1, coba perhatikan kawan-kawan !!!.diharapkan opini yang tadinya dipertahankan oleh mereka kemudian dipertimbangkan kembali karena adanya unsur baru yang ditambahkan.


  • DUKUNGAN DARI LUAR


Sekarang, apakah yang harus anda lakukan jika setiap orang tidak mau mengalah? Apabila anda tidak memperoleh hasil apapun, terapkan hukum Bukti Sosial dengan mencari orang lain diluar kelompok, yang mendukung pendapat anda.Hal ini lebih memungkinkan kelompok anda mengevaluasi kembali pemikiran mereka.Apakah anda memiliki kesulitan menemukan orang luar yang mendukung anda? Misalnya dalam kongres “ anda sebagai anggota BEM dituduh melakukan kutipan ilegal terhadap mahasiswa baru, jika argumen anda lemah, carilah mahasiswa baru yang sepaham dengan anda dan suruh dia untuk meng-Counter tuduhan tersebut, bahwa dia tidak pernah dimintai kutipan sepeser pun. Biasanya dalam sebuah rapat ada yang disebut massa mengambang/ netral. Jelilah membaca apakah dia sudah terpengaruh atau belum, kalau belum dekati dan pergunakanlah mereka sebagai alat menyampaikan kepentingan anda, jika dalam situasi anda sudah terbaca memiliki kepentingan usahakan jangan banyak bicara karena akan sia-sia.


Nb : mudah-mudahan materi ini dapat berguna bagi bung dan sarinah, jika hanya dibaca saja tidak akan ada artinya, keberhasilan anda menerapkan taktik ini hanya dengan latihan dan latihan. Sekali lagi jangan pergunakan ini untuk menghantam organisasi sendiri !!!!!!!!


MERDEKA..!!!!!!

MARHAEN!!!!!!

MENANG!!!!!!

GMNI…..JAYA front bara nasionalis




0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar Anda Di Sini :